Senin, 22 Desember 2014

ORIENTASI KEPALANGMERAHAN UNTUK PMI KECAMATAN


16 orang dari 4 kecamatan di Kota Pekalongan mengikuti Orientasi kepalangmerahan. Acara tersebut digelar di Ruang Rapat PMI Kota Pekalongan pada Selasa, 23 Desember 2014. “Seharusnya ada 28 orang pengurus PMI Kecamatan mengikuti orientasi ini, mereka tidak bisa hadir karena kesibukan di tempat kerja yang menjelang akhir tahun. Saya sudah berusaha sebelumnya menghubungi masing-masing PMI Kecamatan, tapi saya bisa memaklumi.” Ucap Imron Rosyadi, Kepala Markas PMI Kota Pekalongan.

Dalam sambutannya, Ketua PMI Kota Pekalongan, dr. H. Dwi Heri Wibawa menyampaikan “Adanya pengurus PMI baru perlu diorientasi agar mengenal PMI. Adapun pengurus lama yang kembali menjabat juga harus ikut, agar bisa (red-menyegarkan) materi tentang Kepalangmerahan kembali.”

Adanya kegiatan tersebut, Heri menjelaskan bahwa di PMI tidak hanya donor darah saja. Namun ada pelayanan masyarakat termasuk pada masa bencana. Diharapkan pengurus PMI Kecamatan dan Pengurus PMI Kota Pekalongan dapat mengerti serta tanggap terhadap masyarakat. Mengingat PMI memperoleh pembiayaan dari masyarakat melalui bulan dana PMI. Untuk itu sebisa mungkin pengalokasian bulan dana juga untuk melayani masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan orientasi tersebut berlangsung sehari dengan materi yang disampaikan antara lain: Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Visi Misi PMI, 7 Prinsip Palang Merah, Struktur Palang Merah, Donor Darah dan Penanggulangan bencana.

Ketua PMI menghimbau kepada Pengurus PMI Kecamatan untuk siap menghadapi musim penghujan yang akan menimbulkan banjir apabila curah hujan tinggi dan sering. Maka beliau meminta kepada peserta untuk memberikan informasi dan laporan tentang kesiapsiagaan bencana di masing-masing PMI Kecamatan. (ZZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar