Senin, 14 Juli 2014

KSR LATIH PP DI PANTI ASUHAN


Sebanyak empatpuluh anak yatim di Panti Asuhan Darul Khadhanah dilatih Pertolongan Pertama (PP) oleh anggota KSR Unit STAIN Pekalongan (12/7). Kegiatan yang diberi nama Grebeg Ramadhan Relawan tersebut dilaksanakan untuk menumbuhkan jiwa kepedulian sosial antar sesama, meningkatkan ukhuwah islamiyah dan saling berbagi serta bertukar ilmu pengetahuan dan pengalaman.


Nuansa keislaman terlihat ketika pembukaan kegiatan diawali dengan simtudduror oleh anak-anak panti asuhan. Dalam sambutannya, Ustadz Zainuddin, Pengelola Panti asuhan tersebut menyampaikan “Saya senang dan berterimakasih dengan adanya mahasiswa yang mau datang kemari untuk memberikan pelatihan, semoga dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari anak-anak kami.”

Sembari menunggu buka puasa tiba, anak-anak Panti asuhan yang terletak di Desa Petukangan, Kecamatan Wiradesa, Kabupaten Pekalongan tersebut diberi materi PP sesuai dengan usia. Maylina, Ketua Panitia Grebeg Ramadhan menjelaskan “Ada 3 (tiga) materi yang diberikan sesuai pengelompokan usia, yakni kelompok usia SD diberikan materi cuci tangan yang baik dan benar, untuk kelompok usia SMP diberi materi kompres panas dan kompres dingin, sedangkan untuk kelompok usia SMA diberikan materi penanganan korban pingsan.” Pemberian materi tersebut berlangsung lebih kurang 30 menit.

Antusiasme peserta mengikuti kegiatan tersebut sangat besar, dibuktikan dengan keseriusan dan kecakapan dalam menerima materi yang diberikan panitia. “Saya suka dengan materi ini karena saya juga ikut PMR di sekolah saya. Jadi materi ini sangat bermanfaat untuk saya.” Kata salah satu anak panti asuhan yang juga siswa kelas 2 SMK Kedungwuni ini.

“Dalam melaksanakan kegiatan Grebeg Ramadhan ini, banyak faktor pendukung yang kami dapatkan termasuk persiapan yang matang dan konsistensi panitia dalam mengelola kegiatan ini, sehingga berjalan dengan baik dan semoga semakin bermanfaat keilmuan yang kami peroleh.” Tutur Rizka, salah satu pemateri sekaligus panitia dalam kegiatan tersebut.

Setelah pemberian materi selesai, kegiatan dilanjutkan dengan tadarus Alquran bersama, buka puasa bersama kemudian sholat berjamaah. Acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan kepada Panti Asuhan sebagai wujud ucapan terimakasih atas terlaksananya kegiatan Grebeg Ramadhan tersebut. (ZZ)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar